Pasukan Mau Tahu

Posted: September 10, 2013 in BOOKs, FAMOUS people, novel

PMAUTAHU

Enid Blyton
Remaja, Petualangan, Detektif, Misteri
Gramedia
1980

Hai! tahu, kan, ama PASUKAN MAU TAHU? Itu, tuh, kelompok detektif yang gemar memecahkan misteri? Hmmm … kelompok detektif yang terdiri dari lima anak manusia dan seekor anjing?

Frederick, sang pemimpin yang lebih di kenal dengan sebutan Fatty. Hehehe … fat, ya salah satu alasannya disebut Fatty juga karena tubuhnya yang sangat montok tapi otaknya sangat encer. Dia selalu dapat menemukan bukti-bukti dan sangat jarang tertipu dengan bukti yang menyesatkan. Dia juga sangat pandai menyamar, sehingga ke-4 temannya jarang berhasil menebaknya dan mereka sangat menyukainnya, khususnya Bets adik prempuan, Philip, yang lebih sering dipanggil Pip. Lalu ada Larry dan adik prempuannya, Daisy.

Bagi seseorang, kelompok detektif ini adalah kumpulan anak-anak nakal yang selalu menggangu tugasnya. Ya, dia adalah Pak Goon. Polisi Desa di tempat ke-5 nya tinggal, Desa Peterswood. Sesuai dengan namanya, Pak Goon selalu mengusir Pasukan Mau Tahu, khusunya anjing Fat yang bernama Buster dengan mengatakan GONE alias pergi dalam bahasa negara gue #Hehehe kata Goon dan gone kedengarannya hampir sama, kan?# So, bisa dibilang Pak Goon adalah polisi yang enggak ramah. Dan bagi Fat, polisi ini sama sekali enggak hebat, karena hampir di semua kasus Pak Goon selalu melakukan kesalahan dalam penyelidikan. Kekesalan Pak Goon terhadap kelompok ini juga dikarenakan Pasukan Mau Tahu selalu berhasil memecahkan misteri-misteri yang ada ….

***

Seneng banget pas nemuin novel deketif karya Enid Blyton, Pasukan Mau Tahu (1943-1961) di cetak ulang. Jadi gue enggak harus hunting sana hunting sini lagi seperti dulu. Tapi, apa pun yang terjadi hunting buku lama itu mengasyikan … selain itu juga loe loe pade bisa menjadi kreatif agar si-buku tetap memiliki sampulnya, seperti yang dah gue pernah lakuin terhadap buku Pasukan Mau Tahu … lo lo pade juga bisa menawar buku dengan harga termurah dengan kondisi buku tersebut. Alesan yang bisa lo lo pade kasih, sampulnya rusak, so lo harus ngebenerin sampunya sendiri. Banyak cap di dalamnya, so lo harus menutupinya biar terlihat rapih. Nih, seperti pada buku di bawah ini … hehehe ….

IMG_6861 Untitled-1

Sekarang, cover-nya baru hehehe …. Akhirnya gue bisa ngelengkapin koleksi gue ….  Beberapa versi cover Pasukan Mau Tahu #dalam satu judul# yang terbit di negara gue ….

Untitled-1

Awal suka serial detektif remaja ini dimulai dari temen kecil gue and dengan sengaja gue pun ngebeli novel yang dia punya.
Ini, judul serial Pasukan Mau Tahu
01. Misteri Pondok Yang Terbakar
02. Misteri Kucing Siam
03. Misteri Kamar Tersembunyi
04. Misteri Surat Kaleng
05. Misteri Kalung Curian
06. Misteri Gedung Tua
07. Misteri Di Teater Kecil
08. Misteri Pencuri Siluma
09. Misteri Pangeran Asing
10. Misteri Bungkusan Aneh
11. Misteri Di Holly Lane
12. Misteri Di Tally Ho
13. Misteri Penyamar Ulung
14. Misteri Berita Aneh
15. Misteri Rumah Setan

Enggak hanya dalam bentuk novel ja, ternyata Pasukan Mau Tahu mengeluarkan buku “Bermain” nya juga, karya Stephen Thraves dengan ilustrasi Cathy Wood yang ceritanya dan tokoh-tokohnya berdasarkan karya Enid Blyton. Dalam buku ini loe loe pade harus memperhatikan gambar and cerita dengan benar-benar, lalu menebak sapa pelakunya. Nah, wajah orang yang dicurigai dilampirkan juga dalam buku ini, pada bagian belakang cover depan dan belakang, lalu ketika lo lo pade dah punya tersangkanya, baca keterangan di baliknya. Disitu ada keterangan, orang yang lo pilih bersalah atau enggak.

pasukan mau tahu  pasukan mau tahu 1 copy

Ayo tebak siapa pelakunya dari ke-4 kasus yang ada di dalam buku ini. Buku yang menarik, yang enggak kalah dengan novel aslinya.
Ini, empat serial Bermain Detektif Bersama Pasukan Mau Tahu
1. Misteri Sosok Bayangan dan tiga cerita misteri lainnya.
2. Misteri Lukisan Palsu dan tiga cerita misteri lainnya.
3. Misteri Surat Kaleng dan tiga cerita misteri lainnya.
4. Misteri Pembongkaran Lemari Besi dan tiga cerita misteri lainnya.

Dalam seri “bermain” ini kita bisa mengulang terus kasus yang ada sampai tebakan lo lo pade benar dan ada jenis “seperti apa kemampuan membongkar misteri. Jika pada tebakan pertama benar, maka lo lo pade tuh penyelidik ulung. Jika pada kedua benar, lo lo pade penyelidik yang hebat. Jika pada tebakan ketiga benar, maka lo lo pade penyelidik biasa. Jika pada tebakan keempat benar, maka lo sama ja seperti Pak Goon. Jika pada tebakan kelima benar, maka lo lo pade lebih payah dari Pak Goon. Nah, jika pada tebakan keenam baru benar, maka lo lo pade tuh jauh lebih payah dari Pak Goon.

Waaah … mari kita lengkapi novelnya and met membacanya …. :D oia, maafkan jika ada salah-salah kata … oceh … oceh … oceh ….

sumber gambar http://www.angelzon.com/fashion_product_info.php?products_id=22298; http://sienavienabooks-anak-remaja.blogspot.com/2012/09/pasukan-mau-tahu.html; http://tag-dgn.blogspot.com/

Komentar
  1. Fakhrana Fildzah berkata:

    Gue juga suka pasukan mau tahu
    tapi baru tahu nih kalo ada buku bermainnya, masih terbit gak ya? bisa dibeli dimana? tau gak?? hehehe

  2. sherly berkata:

    Enid blyton menampilkan novel misteri seru tapi saya suka yang misteri rumah setan&pangeran asing.Tapi kenapa misteri rumah setan&pangeran asing belum keluar ya?

  3. sherly berkata:

    Terima kasih Kakei tapi setau saya udah keluar cuma belum ada ya

    • KaKei berkata:

      hmmm sori sedikit pusing jawabnya … tapi setahu saya penerbitnya dah nerbitin semuanya kok, ke-15 judul … cuman emang sekarang2 ini dah ga kumplit lagi … harus rajin hunting sana sini ja ….

  4. Galuhh berkata:

    Gue suka banget banget banget ama pasukan mau tahu & 5 sekawan

  5. yudha berkata:

    Bring me back to the old times!! 🙂 Di gramedia masih ada ga ya :

  6. Seen berkata:

    Nemu kumpulan penggemar cerita Enyd, rasanya nemu temen yang udah lamaaaa banget ga ketemu. 😀
    Salam kenal semuanya…
    Saya suka sekali dengan karakter Fatty, menurutku karakter pemimpin yang baik ya seperti itu… pemimpin kelompok maksudnya 😀
    dan kadang kemampuannya nyamar kupraktekin, kutiru *zaman dulu*… hahaaaa XD XD XD

  7. untungnya novel ini diterjemahkan jaman dulu, kalau diterjemahkan jaman sekarang jangan2 judulnya jadinya Pasukan Kepo. hahahaha

Tinggalkan komentar